Wanita memang rentan sekali terjangkit penyakit kanker payudara, salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Bahkan tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit ini di Indonesia juga tergolong begitu tinggi. Apalagi jika sejak awal Anda juga sudah terbiasa dengan pola hidup yang tidak sehat dan jarang olahraga, maka faktor resiko untuk terkena kanker payudara juga semakin besar. Penyebab kanker payudara ini sendiri sebenarnya juga sangat beragam, begitu juga dengan jenis-jenisnya, karena dalam beberapa kondisi memang masih bisa ditangani atau ditolong dengan pengobatan, namun juga ada yang tidak dapat lagi ditangani karena kondisinya yang cukup serius.

Selain keturunan tidak dapat dipungkiri jika sebenarnya ada banyak sekali faktor lain yang memegang andil sehingga tubuh bisa sampai terserang penyakit mematikan tersebut. Bahkan hal-hal sederhana yang mungkin sering kali Anda sepelekan atau anggap remeh, seperti diantaranya adalah:

  1. Bekerja pada shift malam, memang di zaman seperti sekarang ini orang tak hanya bekerja pada siang hari, melainkan juga bisa pada malam hari, tergantung dari jenis pekerjaan yang dijalankan tersebut. Ketika seseorang dituntut untuk bekerja pada malam hari maka produksi hormon melatonin semakin tinggi, ditambah dengan kurangnya asupan vitamin D, gangguan tidur dan sejenisnya yang membuat resiko untuk terkena penyakit kanker payudara ini juga semakin tinggi.
  2. Kebiasaan tidur sambil menyalakan televisi, banyak sekali orang-orang yang terkadang senang melihat televisi hingga tertidur, bahkan tanpa mematikannya. Bukannya sayang dengan energi listrik yang terbuang percuma, melainkan lebih kepada cahaya yang dipancarkan oleh televisi tersebut dapat mengacaukan hormon melatonin dalam tubuh. Hal inilah yang bisa menyebabkan terkena kanker payudara.
  3. Senang mengonsumsi makanan dan juga minuman manis, memang di satu sisi makanan dan minuman manis ini akan membuat mood jadi lebih baik. Namun juga meningkatkan resiko terkena obesitas atau berat badan berlebih. Bagi perempuan yang terkena obesitas, maka membuat tubuh harus memproduksi insulin dalam jumlah yang tinggi, kondisi semacam inilah yang sebenarnya bisa tingkatkan resiko untuk terserang penyakit kanker payudara.
  4. Kebiasaan mengkonsumsi junk food, makanan ini memang dikenal paling praktis dan juga nikmat, apalagi bagi masyarakat yang hidup di era serba cepat seperti sekarang ini. namun seperti yang diketahui bahwa junk food juga tinggi kadar senyawa atau zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, seperti diantaranya adalah pengawet, pewarna dan sebagainya. Bahan-bahan semacam ini jika menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh dan juga terakumulasi maka bisa menyebabkan beragam jenis masalah kesehatan, termasuk diantaranya adalah kanker payudara.
  5. Pemakaian bra yang terlalu ketat, ukuran bra yang tidak sesuai, khususnya adalah terlalu kecil atau ketat, bisa menghambat aliran darah ke payudara, sehingga selain menyebabkan terjadinya nyeri punggung, maka hal ini juga dapat memicu kanker payudara.
  6. Merokok, tak hanya pria saja, melainkan banyak juga wanita sekarang ini yang gemar merokok, sebagai salah satu upaya untuk melepas penat. Senyawa-senyawa berbahaya yang terkandung di dalam rokok inilah yang dapat memicu kanker.
  7. Makan pada tengah malam, mengkonsumsi makanan di malam hari nantinya akan membuat glukosa yang masuk kedalam tubuh tidak dicerna atau berubah menjadi energi, melainkan tetap berada di dalam darah dan bisa menyebabkan obesitas hingga kanker.

Mulai sekarang hindari kebiasaan-kebiasaan penyebab kanker payudara tersebut.