Bahan Alami Pereda Sakit Gigi Membandel

Apakah Anda sedang sakit gigi dan mencari obat sakit gigi? Jangan dulu terburu-buru, tahan dulu sakitnya dan simak ulasan mengenai resep mudah obat sakit gigi yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dirumah. Berikut ulasannya:

Minyak oregano

obat sakit gigi

Minyak oregano dikenal memiliki sifat antibakteri serta anti-virus yang kuat, sehingga efektif untuk mengobati sakit gigi. Sifat anti-peradangannya juga membantu mengurangi rasa nyeri hebat, yang mengganggu aktivitas Anda. Cara menggunakan, campurkan dua tetes minyak oregano dengan satu sendok teh minyak kelapa. Oleskan serta pijat ke daerah yang sakit. Terapkan dua kali sehari untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

Teh kantung

Tahukah Anda bahwa teh kantung biasa dapat membantu meringankan rasa sakit gigi? Apabila gigi terasa nyeri, tempelkan teh kantung tersebut ke bagian gigi yang sakit. Lalu, diamkan sejenak agar terasa lebih tenang. Bahan ini juga dapat mengurangi risiko peradangan yang amat mengganggu, dengan cara instan.

Lemon

obat sakit gigi

Lemon kaya akan vitamin C yang membuat gigi dan gusi kuat, serta menghindari pembentukan plak. Penggunaan lemon juga menghasilkan napas yang lebih segar. Peras beberapa jus lemon segar kemudian pijat ke area pipi yang sakit. Lakukanlah dua kali sehari.

Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat analgesik, yang akan membantu menghilangkan rasa sakit. Selain itu, ada juga kandungan flavonoid yang mengurangi aktivitas bakteri serta peradangan. Jika ingin mengonsumsi, rebuslah segenggam daun jambu biji dan saring campurannya. Gunakan air rebusannya untuk kumur-kumur, karena bersifat antiseptik.

Minyak peppermint

obat sakit gigi

Minyak peppermint dikenal mengandung bahan aktif yang disebut menthol, yang merupakan antibakteri yang sangat kuat. Itu melawan hampir semua jenis bakteri. Daun peppermint juga dikenal untuk meningkatkan kebersihan gigi. Karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan bahan ini untuk obat sakit gigi alami.

Ekstrak vanili

obat sakit gigi

Bahan ini dianggap ampuh sebagai obat untuk sakit gigi. Sebabnya, ekstrak vanili sifatnya mematikan rasa sakit karena sedikit konsentrasi alkoholnya. Bahan ini juga mengandung antiseptik alami, yang membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Cara menggunakan, rendam bola kapas di dalam larutan ekstrak vanili. Letakkan di gigi yang sakit selama lima menit. Ulangi setidaknya dua kali sehari.

Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin, yang merupakan antibiotik terbaik. Bahan ini akan membunuh bakteri apapun yang bersarang di rongga mulut. Jika Anda mengunyah bawang putih, dapat menurunkan risiko peradangan serta meningkatkan kebersihan mulut.

Kompres dengan es batu

Mengkompres dengan es batu juga sering dilakukan untuk meredakan peradangan. Anda dapat membungkus es batu dengan kain, kemudian meletakannya di pipi dekat gigi atau gusi yang sakit. Cara kedua adalah dengan meletakkan es batu di tangan yang sama dengan area gigi yang sakit. Jika area gigi atau gusi yang sakit di sebelah kanan, maka letakan es batu di tangan kanan, begitupun sebaliknya. Kemudian gosoklah es batu dengan ibu jari serta telunjuk Anda selama beberapa menit. Cara kedua dipercaya berguna untuk menghentikan sinyal rasa sakit ke otak.

Cengkeh sebagai peringan rasa sakit

Cengkeh juga berkhasiat untuk meringakan rasa nyeri serta pembengkakan dan sebagai obat sakit gigi yang alami. Tumbu dua buah cengkeh, dan campurkan dengan minyak sayur. Atau dapat juga dengan langsung menggunakan minyak cengkeh, kemudian oleskan di gigi serta gusi yang sakit. Cara lainnya adalah dengan merendam kapas atau cotton bud ke minyak cengkeh sebelum dioleskan ke area yang sakit.

Semoga lekas sembuh, semoga bermanfaat.