Begini Cara Hapus Ruang Kedua Xiaomi

  • Whatsapp
Cara Hapus Ruang Kedua Xiaomi

Xiaomi selalu memberi inovasi terhadap MIUI versi terbaru yang mereka rilis. Contohnya dengan memberikan fitur Second space. Second space atau Ruang kedua adalah fitur yang muncul pertama kali ketika MIUI 8 dirilis, dan sampai sekarang fitur ini masih tetap ada pada MIUI 12 versi terbaru. Fitur ini berfungsi untuk membuat 2 ruang system operasi dalam satu smartphone. Maksudnya ketika fitur Second space diaktifkan anda bisa menjalankan 2 sistem operasi dalam satu perangkat smartphone.

Menurut http://techkinian.com/ setelah fitur ini diaktifkan, pengguna Xiaomi dapat install aplikasi sama ataupun berbeda pada masing – masing ruang. Selain itu, anda tidak perlu download ulang jika ingin install aplikasi yang sudah ada diruang utama. Awalnya banyak yang penasaran dengan fitur Ruang kedua Xiaomi dan akhirnya banyak mengaktifkannya. Saya sendiri pernah mencoba fitur ini pada Redmi 5 Plus dan ternyata membuat HP Xiaomi saya menjadi lemot. Hal ini disebabkan karena Ruang kedua Xiaomi memakan banyak ruang penyimpanan ketika diaktifkan.

Karena alasan itulah, saya langsung menonaktifkannya. Bahkan sampai saat ini fitur ruang kedua Xiaomi tidak pernah saya gunakan lagi. Bagi anda yang sudah terlanjur mengaktifkan fitur ini dan ingin menghapusnya, dapat mengikuti langkah – langkah di bawah ini.

Cara Hapus Ruang Kedua Xiaomi

Sebelum menonaktifkan fitur Second space, pastikan anda ingat usename dan password Mi Acoount yang terhubung dengan HP Xiaomi anda. Pastikan juga terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Koneksi internet nanti akan digunakan untuk proses sinkronisasi dengan Mi Akun. Jika anda sudah memutuskan tidak ingin menggunakan Ruang kedua Xiaomi lagi, silakan hapus dengan cara berikut ini :

  1. Buka aplikasi Pengaturan / Settings.
  2. Kemudian scroll ke bawah, lalu pilih menu Second Space / Ruang kedua.
  3. Selanjutnya tekan icon tong sampah yang terletak di pojok kanan atas.
  4. Kemudian tekan Delete.
  5. Lalu masukkan username serta password Mi Account.
  6. Jika sudah, silakan klik Ok.
  7. Selanjutnya akan muncul halaman pertanyaan untuk memilih data mana yang ingin diselamatkan. Jika ingin dihapus semua, cukup biarkan saja jangan diberi tanda centang.
  8. Kemudian klik Lanjut untuk menuju proses selanjutnya.
  9. Lalu tunggu beberapa saat sampai proses hapus Ruang kedua Xiaomi selesai.

Perlu diingat bahwa data yang terdapat pada ruang yang dihapus juga akan ikut terhapus, baik itu data foto, video, dokumen dan jenis data lainnya. Data yang terhapus tidak dapat dikembalikan lagi. Oleh sebab itu, sebelum menghapus ruang kedua Xiaomi sangat disarankan untuk membuat backup data terlebih dahulu sebagai bentuk anstisipasi jika kemungkinan terburuk terjadi.

Tetapi dengan hilangnya seluruh data tersebut akan membuat ruang penyimpanan HP Xiaomi menjadi lebih lega. Tinggal pilih saja mau menghapusnya atau tidak. Inovasi yang dilakukan oleh Xiaomi memang tidak selalu berhasil membuat penggunanya suka dan merasa puas. Contohnya saja pada fitur Second space, saat pertama kali muncul banyak yang penasaran dan mencoba mengaktifkannya. Namun pada akhirnya banyak yang menonaktifkan karena berbagai macam alasan. Tetapi inovasi lain yang diterapkan pada MIUI 12 terutama dari segi tampilan justru membuat saya pribadi betah menggunakan Xiaomi sebagai daily driver.

Demikianlah tadi cara mudah menonaktifkan dan menghapus fitur Second space atau Ruang kedua Xiaomi jika tidak ingin digunakan lagi.

Related posts