Begini Cara Perawatan Trafo yang Baik agar Performanya Stabil

  • Whatsapp
Perawatan Trafo

Trafo atau transformator adalah perangkat statis yang mentransfer energi listrik dari satu rangkaian ke rangkaian lain melalui proses induksi elektromagnetik. Perangkat ini biasanya digunakan untuk menambah atau menurunkan level tegangan antar rangkaian. Trafo dapat ditemukan pada setiap energi listrik yang menggunakan Aternating Current (AC) atau bahkan arus bolak balik.

Secara garis besar, trafo adalah perangkat listrik yang digunakan untuk menukar tegangan arus dalam suatu rangkaian, dengan tidak mempengaruhi daya listrik total. Hal tersebut berarti dibutuhkan listrik bertegangan tinggi dengan arus kecil yang kemudian diubah menjadi listrik bertegangan rendah dengan arus besar, atau sebaliknya.

Nah, setelah mengetahui pengertian dari trafo, kira-kira bagaimana ya acara merawatnya agar performanya tetap stabil?

Sebaiknya, kamu bisa menggunakan jasa perawatan trafo terbaik agar dapat merawatnya dengan maksimal. Pasalnya, trafo tidak bisa dirawat dengan sembarangan orang tanpa pengetahuan dalam dunia kelistrikan.

Secara garis besar, langkah-langkah yang dilakukan dalam merawat trafo adalah:

  1. Pengujian dan pemeriksaan harian

Secara umum, ada tiga tahap yang harus dilakukan setiap hari, yaitu:

  • Selalu memeriksa magnetic oil gauge (MOG) dari tangki utama dan tangka konservatori. Pastikan MOG berada pada level yang tepat
  • Cek silika gel dan ganti warnanya jika sudah berubah menjadi merah muda
  • Periksa kebocoran dan jika terjadi hal tersebut segera segel
  1. Pemeliharaan trafo bulanan

Langkah perawatan trafo yang harus dilakukan setiap bulannya adalah:

  • Memeriksa level minyak dalam tutupnya agar tidak turun di bawah batas yang disarankan
  • Periksa kebersihan silika gel untuk menjaga lubang pernapasan di silika gel
  • Jika terdapat oil filling bushing pada trafo listrik, pastika selalu oil di dalamnya berada di level yang benar. Proses ini sangat penting dilakukan setiap bulan

Sewatama dapat melakukan langkah-langkah di atas dengan baik dan maksimal karena perusahaan ini telah memiliki pengalaman lebih dari 27 bulan dalam menangani masalah kelistrikan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi situs resminya https://sewatama.com/id/.

Related posts