Berikut Ini Cara Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

  • Whatsapp
Indeks Massa Tubuh Ideal

Indeks Massa Tubuh (IMT) atau Body Mass Index (BMI) merupakan alat atau cara yang sederhana untuk memantau status gizi orang dewasa, khususnya yang berhubungan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan. Karena berat badan yang kurang bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit infeksi, sedangkan berat badan yang berlebih akan meningkatkan risiko terhadap penyakit degeneratif. Maka dari itu, mempertahankan berat badan yang normal dan ideal merupakan hal sangat penting dilakukan agar kualitas kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh

Untuk bisa mengetahui apakah anda memiliki berat badan yang normal atau tidak, anda bisa menghitungnya dengan kalkulator berat badan ibu hamil dengan cara perhitungan BMI (Body Mass Index) berikut ini :

“ Berat badan (dalam kg) : kuadrat tinggi badan (dalam ukuran meter). BMI= BB / [(TB) X (TB)]

Contoh : misalkan berat badan anda 50 kg dengan tinggi badan 150 cm. Jadi cara menghitungnya adalah 50 :  (1,5m x 1,5m) = 22,22

Setelah anda mengetahui BMI, dengan menggunakan panduan dari Institute of Medicine (IOM) bunda bisa mengetahui apakah berat badan yang dimiliki saat ini termasuk underweight, normal atau overweight.

  • BMI dibawah 18,5

Angka ini menandakan bahwa berat badan bunda underweight atau dibawah angka normal.

  • BMI 18,5 – 24,9

Jika anda berada di angka BMI ini berarti berat badan bunda tergolong ideal.

  • BMI 25-29,9

Jika berada di angka ini artinya anda memiliki berat badan yang overweight atau kelebihan berat badan.

  • BMI Di Atas 30

Angka ini menandakan bahwa anda mengalami obesitas.

Lalu bagaimana cara menjaga indeks massa tubuh ideal?

Cara Menggemukan Tubuh Ideal Bagi Anda Yang Kurus

Jika anda memiliki tubuh yang kurus, tentunya hal itu tidak baik karena bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Selain itu, tubuh yang terlalu kurus juga akan membuat penampilan anda kurang menarik sehingga akan membuat diri anda merasa minder. Oleh karena itu, anda harus coba menaikkan berat badan yang lebih ideal. Berikut cara menggemukan badan yang bisa anda coba :

  1. Mengkonsumsi Karbohidrat

Cara yang pertama untuk meningkatkan berat badan adalah dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat. Karena dengan memperbanyak konsumsi karbohidrat ini bisa memicu lebih banyak asupan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh anda dalam menggemukkan badan. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat ini, anda bisa mendapatkannya pada makanan seperti tepung, gandum, ubi jalar, singkong, kentang, dan nasi.

  1. Cukupi Kebutuhan Lemak

Dalam hal ini anda jangan mengkonsumsi makanan yang lemak secara berlebihan, namun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh anda saja. Karena dengan mencukupi kebutuhan lemak serta nutrisi lain, tentunya berat badan anda akan meningkat dengan cepat. Sumber lemak ini bisa anda dapatkan pada makanan seperti kelapa, mentega, minyak sayur, daging, ikan, jagung, dan lain sebagainya.

  1. Konsumsi Tambahan Kalori

Seperti diketahui bahwa setiap tubuh orang itu berbeda-beda dalam mencerna makanan maupun mengeluarkan energi. Sedangkan kalori merupakan sumber energi terbaik bagi tubuh, yang tentunya setiap orang berbeda-beda kebutuhannya. Asupan kalori ini bisa anda dapatkan dengan cara menambahkan keju parut ke atas roti, atau bisa juga menyandingkan telur dadar dengan sup ayam. Namun anda juga harus hati-hati, karena kalori yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes.

Related posts