Berikut Tips Paling Mudah Menanam Tomat di Rumah

  • Whatsapp
Menanam Tomat di Rumah

Anda seorang ibu rumah tangga? Pasti sudah tahu apa saja manfaat dan kegunaan tomat untuk kebutuhan sehari-hari dalam keluarga. Dalam memasak sebuah hidangan, tomat memang biasanya salah satu sayur yang juga tidak akan dilupakan fungsinya karena akan menambah cita rasa masakan menjadi lebih enak. Meskipun memang terkadang keberadaannya hanya sebagai pelengkap masakan saja. Misalnya saat membuat soto, gulai sampai rawon yang menggunakan tomat untuk hiasan makanan tersebut sehingga tampilan menjadi lebih menarik. Namun, untuk Anda yang hobi sambal biasanya tomat adalah bahan utama yang paling banyak digunakan untuk membuat sambal.

Cara Menanam Tomat Mudah Di Rumah

Jika kebetulan Anda adalah orang yang hobi berkebun baik di rumah atau di sawah sekalipun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menanam tomat. Tomat bisa Anda tanam di kebun dalam pekarangan rumah, di polybag atau bisa juga di sawah. Untuk yang punya kebun di rumah pasti biasanya ibu rumah tangga akan menanam tomat di kebun atau pekarangan rumah mereka. Dengan punya tomat sendiri dan bisa berbuah banyak pastinya akan membuat hati juga senang karena tidak perlu beli namun bisa langsung ambil di kebun rumah secara langsung.

Siapapun yang ingin menanam tomat baik untuk skala yang besar atau memang hanya untuk kebutuhan pribadi saja, pastinya ingin tanaman mereka menghasilkan buah yang banyak jumlahnya. Dan salah satunya adalah saat menanam tomat, biasanya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan supaya nanti pohon tomat yang ditanam bisa menghasilkan buah tomat dalam jumlah yang banyak dan sehat. Kira-kira bagaimana tipsnya? Berikut penjelasannya:

  • Pilih jenis benih tomat yang berkualitas.
  • Pahami dan pelajari kondisi lingkungan dengan baik.
  • Tanam benih di pot dan simpan di suhu yang hangat.
  • Jika sudah tumbuh dan dirasa cukup ukurannya maka langsung pindahkan saja ke kebun.
  • Siram secukupnya tanaman tomat dengan air setiap sore atau pagi hari dan jangan lupa berikan pupuk.

Keuntungan Budidaya Tanaman Tomat Di Rumah

Jika Anda sudah mempraktikkan beberapa langkah yang sudah disebutkan di atas, maka akan ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Selain Anda bisa manfaatkan untuk dijadikan sebagai bisnis, namun juga Anda tidak perlu lagi beli tomat jika Anda sedang butuh untuk memasak atau mungkin nanti jika memang tomat yang Anda tanam tadi berbuah sangat lebat, maka bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai lahan bisnis.

Untuk jenis tomat sayur biasanya memang digunakan untuk memasak dan dicampur dalam beberapa makanan. Namun ternyata juga ada jenis tomat cherry yang bisa digunakan oleh manusia untuk dikonsumsi secara langsung karena memang rasanya cukup enak dan kaya akan kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Masa pandemi COVID-19 yang sampai saat ini belum juga menurun kasusnya, sangat diharapkan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk konsumsi makanan dan buah-buahan yang sehat supaya imun tubuh cepat naik. Namun pastinya juga jangan abai dengan prokes. Untuk itu, supaya Anda terhindar dari kerumunan dan resiko penularan COVID rendah, jika Anda butuh belanja kebutuhan usaha atau pribadi, TaniHub jawabannya. Semua kebutuhan rumah tangga untuk masak dan sembako ada disini. Melalui TaniHub kini belanja kebutuhan rumah semakin mudah.

Related posts