Cara Mudah Hitung Biaya Cicilan Rumah dengan Kalkulator KPR

  • Whatsapp
Cara Mudah Hitung Biaya Cicilan Rumah dengan Kalkulator KPR

(Photo: Pixabay)

Menghitung biaya cicilan rumah memang susah-susah gampang, akan sangat menolong jika tersedia alat yang bisa membantu kita dalam mengalkulasi perhitungan biaya cicilan tersebut, seperti kalkulator KPR.

Saat ini sudah banyak laman-laman yang menyediakan fitur kalkulator KPR. Bukan hanya laman perbankan saja, situs properti seperti 99.co Indonesia juga menyediakan fitur tersebut untuk para penggunanya.

Dengan kalkulator KPR, kita dapat mengetahui estimasi perhitungan kredit rumah yang harus dibayar setiap bulannya, termasuk total biaya pinjaman setelah suku bunga bank dikenakan.

Suku bunga yang diberikan masing-masing bank atau penyedia layanan KPR memang berbeda-beda. Hal inilah yang sering kali membuat kita kebingungan ketika menghitung biaya cicilan KPR tersebut.

Maka dari itu, untuk mempermudahmu mendapatkan hitungan pasti biaya kredit rumah per bulannya, simak cara mudah menggunakan kalkulator KPR 99.co Indonesia berikut ini.

Panduan Menggunakan Kalkulator KPR 99.co Indonesia

Cara penggunaan kalkulator KPR di masing-masing laman berbeda-beda, khusus saat ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan kalkulator KPR yang tersedia di situs properti 99.co Indonesia.

Menurut saya pribadi, kalkulator KPR 99.co Indonesia merupakan fitur yang cukup mudah digunakan. Tidak ada istilah-istilah aneh ataupun fitur-fitur yang sulit untuk dipahami, bahkan bagi pengguna awam.

Langkah awal yang harus kamu lakukan tentunya masuk ke laman 99.co/id/guide/mortgage/calculator, setelah itu akan muncul sebuah halaman yang menyediakan fitur-fitur perhitungan biaya KPR.

Pada halaman ini kamu akan melihat beberapa kolom yang tersedia di sana. Kolom tersebut harus diisi secara benar, agar perhitungan biaya cicilan yang dikeluarkan lebih tepat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Harga Properti

Sebenarnya cukup jelas, untuk kolom ini kamu diminta mengisi harga rumah yang hendak dibeli. Misalnya, kamu ingin beli rumah seharga Rp500 juta, maka masukkan nominal Rp500.000 pada kolom tersebut.

  1. Jumlah Uang Muka/DP

Biasanya, ketika membeli sebuah hunian kita akan diminta untuk membayar uang muka atau DP-nya terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan, sebagai ‘tanda jadi’ kita atas rumah yang hendak dibeli.

Biaya uang muka ternyata penting dimasukkan saat kamu menggunakan kalkulator KPR. Misalnya, DP yang dikenakan untuk rumah tersebut adalah Rp100 juta, maka isi sejumlah nominal tersebut pada kolom.

  1. Persentase Uang Muka

Jika sebelumnya kamu diminta untuk memasukkan jumlah uang muka atas rumah tersebut. Sekarang, kamu diminta untuk mengisi kolom persentase besaran uang muka tadi.

Berdasarkan perkiraan di atas, uang muka yang harus dibayarkan adalah Rp100 juta. Jika diubah dalam bentuk persentase, maka Rp100 juta merupakan 20 persen dari Rp500 juta.

  1. Bunga Fixed

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, suku bunga yang ditawarkan oleh bank biasanya berbeda-beda. Dengan kalkulator KPR 99.co Indonesia, kamu bisa tahu skema bunga mana yang sesuai untukmu.

Apabila kamu ingin mengetahui besaran suku bunga fixed pada rumah tersebut, maka isilah kolom ‘Bunga Fixed’ dengan besaran seperti yang ditawarkan oleh pihak bank, misalnya 9.5 persen.

  1. Durasi Bunga Fixed

Biasanya, biaya bunga fixed yang dikenakan oleh bank memiliki memiliki durasi atau jangka waktunya sendiri. Kita misalkan saja, jika kamu diberi jangka waktu bunga fixed selama 3 tahun dari bank tersebut.

  1. Bunga Floating

Setelah durasi bunga fixed selesai, pada umumnya bank akan mengenakan suku bunga floating atas kredit rumah tersebut.  Sebagai contoh, mari kita sepakati jika bunga floating dikenakan sebesar 12.25 persen.

  1. Jangka Waktu Angsuran

Bukan hanya durasi bunga fixed saja, jangka waktu angsuran rumah juga penting dimasukkan pada saat kita menggunakan kalkulator KPR 99.co Indonesia.

Jangka waktu angsuran KPR juga berbeda-beda, tergantung penawaran dari masing-masing bank. Namun, untuk mempermudah simulasi yang kita lakukan, mari sepakati jika durasi angsuranmu selama 15 tahun.

Nah, setelah mengisi semua kolom yang tersedia pada halaman kalkulator KPR 99.co Indonesia, kini kamu sudah dapat menghitung total biaya cicilan rumah per bulannya dengan menekan tombol ‘Hitung KPR.’

Nantinya, sistem secara otomatis akan mengeluarkan informasi terkait pengajuan KPR tersebut, seperti:

  • Harga properti yang harus kamu lunasi;
  • Perkiraan dana yang harus disiapkan, meliputi uang muka sebesar 20 persen, besaran pajak, asuransi, biaya admin berdasarkan wilayah, dan lain-lain;
  • Jumlah pokok pinjaman, dengan skema perhitungan “harga properti – uang muka (DP)”;
  • Biaya angsuran per bulan yang harus dibayarkan. Biaya ini dibagi menjadi dua bagian, yakni bulan pertama saat skema fixed berlangsung dan sisa angsuran rumah saat skema floating diberlakukan;
  • Total besaran bunga selama masa jangka waktu cicilan berlangsung; dan
  • Total keseluruhan biaya cicilan KPR rumah.

Jika dilihat dari simulasi KPR yang telah kita lakukan sebelumnya, maka hasil perhitungan kredit rumah menggunakan kalkulator KPR 99.co Indonesia menjadi:

  • Harga properti: Rp500.000.000
  • Dana tunai yang harus dibayarkan: Rp150.000.000
  • Pokok pinjaman: Rp400.000.000
  • Angsuran per bulan (36 bulan pertama): Rp4.176.899
  • Angsuran per bulan (setelah 36 bulan): Rp4.757.837
  • Total bunga (15 tahun): Rp435.496.804
  • Total pembayaran: Rp989.498.804

Itu tadi cara menggunakan kalkulator KPR 99.co Indonesia beserta simulasi KPR-nya. Untuk dapat mengisi kolom informasi secara benar, cari tahu informasi tersebut kepada pihak bank penyedia layanan KPR.

Semoga ulasan di atas bermanfaat!

Related posts