Aplikasi VPN terbaik – Sebelum menuju ke apa saja aplikasi VPN terbaik yang ada, akan lebih baik jika terlebih dahulu kita kupas sedikit mengenai VPN. Apa itu VPN? VPN adalah kepanjangan dari virtual private network.

Dahulu, tujuan dari pemakaian VPN ini adalah untuk menghubungkan jaringan yang ada di antara gedung perkantoran agar lebih aman dan dapat memanfaatkan jaringan kantor baik dari rumah atau tempat lain.

Itu dulu, namun seiring berjalannya waktu, saat ini VPN banyak dipakai oleh pengguna internet yang ada di seluruh dunia. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperoleh koneksi internet yang aman, personal, serta dapat mengakses jaringan tersebut dengan kontrol dari diri sendiri.

Lebih jauh lagi mengenai apa itu VPN adalah layanan koneksi yang memberikan akses kepada website yang ada secara aman dan private tanpa gangguan pihak lain. Caranya adalah dengan melakukan perubahan jalur koneksi yang dilakukan melalui server dan pertukaran data yang terjadipun disembunyikan agar tidak terjadi kebocoran.

Manfaat VPN

VPN memberikan manfaat yang cukup banyak, diantaranya adalah:

  • ByPass, manfaat ini digunakan untuk mengakses situs yang terlarang atau membahayakan agar tidak menyebabkan kontaminasi. Manfaat ini biasanya digunakan oleh pemerintah untuk mencegah terjadinya kejahatan digital.
  • Pengaman data. VPN dimanfaatkan untuk memproteksi terjadinya pertukaran data yang di dapat dari wifi atau jaringan yang lain yang dirasa kurang dipercaya.  Anda akan sangat terbantu jika Anda melakukan akses di tempat umum seperti kafe, bar dan masih banyak lagi. Bisa Anda bayangkan bagaimana jika data Anda di bobol oleh pihak lain?.

Tidak hanya itu, informasi pribadi yang Anda miliki pun akan jauh lebih aman karena data atau informasi yang tersimpan adalah anonym. Ini berarti lokasi akses Anda tidak mudah dideteksi kecuali jika pengguna mengijinkannya untuk di akses.

  • Enkripsi data.  VPN bermanfaat untuk meng-enkripsi data yang ada sehingga tidak semua data dapat ditampilkan ke publik secara keseluruhan, namun hanya data yang terenkripsi saja. Tidak hanya itu, orang lain tidak bisa dengan mudah mendeteksi apa kiranya perangkat yang Anda pakai saat ini dengan bantuan VPN terbaik.

Aplikasi VPN terbaik tidak selamanya berbayar. Beberapa aplikasi VPN gratis memberikan manfaat yang maksimal untuk Anda tanpa sama sekali di pungut biaya. Anda bisa mendapatkan VPN terbaik dari beberapa situs gratis berikut ini:

  • Hotspot Shield

Hotspot Shield merupakan penyedia fasilitas VPN yang banyak diminati. Layanan yang diberikan adalah  layanan premium walaupun gratis. Menariknya, keunggulan yang dimilikinya adalah efektif mencegah virus dan malware agar lebih mudah terhubung dengan situs yang sedang diblok. Namun sedikit disayangkan, jika ingin menghubungkannya untuk beberapa gawai atau perangkat secara sekaligus, Anda tidak disarankan untuk menggunakan VPN dari website ini.

  • TunnelBear

Ini adalah aplikasi VPN yang bisa dikata simpel namun recommended sekali. Secara tampilannya menarik sehingga pengguna lebih mudah untuk menggunakannya. Tidak hanya itu, aplikasi VPN ini dikata ramah saat digunakan untuk perangkat Anda. UI yang dimilikinya menarik  dan memudahkan pengguna untuk mengoperasikannya.

  • Hide.me

Basis situs VPN ini adalah di Malaysia dan tersedia puluhan server cabangnya yang tersebar secara global. Setiap bulannya tidak tanggung-tanggung, server ini mengizinkan Anda untuk menggunakannya sampai 3GB yang berarti cukup memuaskan untuk menemani aktivitas connecting internet yang Anda lakukan. Sumber www.imls.net.