Ciri-ciri Kain Katun dengan Kualitas Terbaik

  • Whatsapp
Kain Katun

Seperti yang Anda ketahui, katun merupakan salah satu jenis bahan kain yang paling banyak digunakan untuk pakaian. Karakteristiknya yang halus, mudah menyerap keringat dan tidak panas membuat bahan ini memiliki banyak peminat.

Namun, di pasaran ada begitu banyak jenis kain katun dengan karakteristik dan harga berbeda. Sehingga, untuk mendapatkan kain katun terbaik, Anda harus mengetahui ciri-ciri kain katun dengan kualitas terbaik.

Ciri-ciri Kain Katun Kualitas Terbaik

Kain katun dengan ciri-ciri berikut juga banyak digunakan untuk kebutuhan material pada konveksi Bandung, sehingga kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi.

  1. Tidak ada gumpalan kapas

Mungkin Anda pernah menjumpai kain yang memiliki gumpalan kapas tidak rata pada permukaannya. Hal ini biasanya muncul karena proses pembuatan kain yang tidak sempurna, sehingga menyebabkan permukaan kain tidak rata.

  1. Tidak berbulu

Ciri kain katun dengan kualitas terbaik lainnya yaitu tidak berbulu. Meski pada dasarnya jenis kain katun memiliki bulu halus pada permukaannya, akan tetapi jika bulu-bulu halus tersebut tampak berlebihan tentu akan mengurangi kualitasnya.

Biasanya, kain katun yang memiliki banyak bulu halus pada permukaannya, cenderung cepat kusut dan terlihat tidak terawat.

  1. Handfeel yang bagus

Untuk Anda yang terbiasa menyentuh kain katun, mungkin akan dengan mudah membedakan kualitas kain. Di mana handfeel yang tercipta dari kain katun berkualitas yaitu halus, elastis, dan tidak kasar/kaku.

Karakteristik ini akan menjamin jika bahan katun tersebut nyaman digunakan sebagai bahan busana.

  1. Tidak ada bitnik putih

Ciri lainnya yaitu tidak ada bitnik putih pada permukaan kain. Biasanya, bitnik putih tersebut berasal dari biji kapas ataupun kotoran kapas yang tidak dibersihkan secara sempurna.

Meskipun ukuran bitnik-bintik putih tersebut kecil, namun jika jumlahnya banyak tentu akan sangat menganggu.

Jadi, pastikan sebelum membeli kain katun, Anda sudah memperhatikan ciri-ciri di atas.

Jenis Kain Katun dengan Kualitas Terbaik

Kain katun sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Nah, berikut ini beberapa jenis kain katun dengan kualitas terbaik.

  1. Cotton combed

Kain yang banyak digunakan sebagai bahan kaos ini memiliki kualitas cukup baik, terutama untuk daya serapnya yang tinggi, serta permukaannya yang halus dan lembut.

  1. Cotton modal

Jenis cotton modal juga sudah memenuhi 4 ciri-ciri kain katun dengan kualitas terbaik. Di mana jenis kain ini memiliki karakteristik permukaan yang tampak berkilau, sehingga kesan akhir yang tercipta cukup classy dan elegan.

  1. Cotton bamboo

Cotton bamboo juga memiliki keunggulan yang sudah disebutkan di atas. Bahkan, katun bamboo merupakan jenis kain yang dapat menangkal bakteri dan memiliki keunggulan anti bau.

Kelebihan tersebut didapatkan berkat material utamanya yang terbuat dari bamboo (70%) dan cotton (30%).

Ketiga jenis kain di atas sudah memenuhi standar ciri-ciri kain katun dengan kualitas terbaik. Jadi, untuk masalah kenyamanan dan tampilan kain tak perlu diragukan lagi.

Related posts