Direct Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

  • Whatsapp
Direct Marketing: Pengertian dan Manfaatnya

Pernah didatangi cewek cantik atau pria yang memakai setelan rapi untuk menawarkan sebuah produk? Ya, itulah gambaran singkat mengenai direct marketing. Kebanyakan produk yang mereka tawarkan adalah produk langsung guna, artinya produk tersebut bisa anda pakai saat itu juga. Contohnya seperti rokok, minuman berenergi, kopi dan semacamnya. Ada juga beberapa peralatan memasak seperti panci, kompor bahkan alat elektronik seperti magic com dan alat pijat.

Tujuan dari pemasaran jenis langsung ini adalah untuk mendapatkan komunikasi langsung dengan pelanggan atau calon konsumen. Pada akhirnya, konsumen akan memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan. Untuk penjelasan lebih detail dan juga manfaat dari direct marketing ini, mari kita lanjutkan dibawah.

Pengertian Direct Marketing

Pengertian umum dari direct marketing atau biasa disebut dengan pemasaran langsung adalah, strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung dengan calon pelanggan. Media yang dipakai bisa apa saja, seperti media email, SMS gateway, brosur dan bahkan langsung mendatangi tempat target. Inti dari pemasaran langsung ini tidak menggunakan pihak ketiga sebagai perantara.

Jika strategi ini diterapkan dengan langkah yang tepat, kemungkinan akan dapat menguntungkan produsen dengan meningkatnya jumlah penjualan. Beberapa ahli juga mendefinisikan pengertian dari direct marketing ini, bahasanya mungkin berbeda, namun intinya tetap sama.

1. Pengertian Direct Marketing Menurut Suyanto

Menurutnya, strategi direct marketing adalah sistem promosi yang dilakukan langsung tanpa menggunakan perantara apapun untuk menjangkau konsumen dan menyediakan produk kebutuhan mereka. Yang dimaksud tanpa perantara disini yaitu tanpa menggunakan jasa dari pihak ketiga.

2. Pengertian Direct Marketing Menurut Duncan

Teknik pemasaran yang digunakan oleh pelaku usaha atau perusahaan untuk menjalin komunikasi langsung dengan pelanggan. Menurut Duncan, teknik ini sangat efektif untuk mendorong dan “memaksa” pelanggan agar memutuskan untuk membeli sebuah produk.

3. Pengertian Direct Marketing Menurut Kotler dan Armstrong

Ada perbedaan sedikit dari pengertian menurut Kotler dan Armstrong, sistem marketing yang memanfaatkan media lain untuk berinteraksi dengan konsumen. Pada umumnya, media yang digunakan bukan merupakan pihak ketiga, misalnya seperti melalui email, telephone, brosur dan mendatangi langsung tempat konsumen.

Manfaat Direct Marketing

Setelah kita tahu pengertiannya menurut beberapa pakar bisnis, saatnya kita mengetahui manfaat apa saja yang bisa diberikan jika menggunakan teknik pemasaran langsung.

1. Respons Langsung dari Konsumen

Karena menggunakan teknik komunikasi langsung, anda juga akan mendapatkan respons langsung dari pelanggan. Anda bisa langsung berkomunikasi jika dengan mereka mengenai kelebihan dari produk yang ditawarkan. Disatu pihak, pelanggan juga akan memiliki keuntungan karena bisa langsung menanyakan kelebihan dan kekurangannya.

2. Biaya Relatif Rendah

Bayangkan jika anda melakukan promosi menggunakan pihak ketiga seperti televisi atau baliho besar dijalan. Berapa biaya yang anda keluarkan untuk menempatkan iklan disana? Dengan direct marketing, biaya yang anda butuhkan relatif murah.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Karena komunikasi dilakukan secara langsung, hal tersebut akan mendorong pelanggan lebih loyal kepada perusahaan dan produk yang anda miliki. Tanyakan keluhan apa saja yang mereka rasakan, hal itu dapat membantu memperbaiki kesempurnaan produk yang dipasarkan.

4. Meningkatkan Penjualan

Manfaat yang satu ini tidak bisa diabaikan, dengan melakukan komunikasi langsung, kemungkinan besar volume penjualan anda akan meningkat pesat. Hal ini dikarenakan anda bisa langsung “membujuk” konsumen secara langsung untuk memutuskan pembelian.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, tentunya anda harus melakukan teknik direct marketing dengan langkah yang tepat, salah satunya anda bisa melakukan riset terlebih dahulu.

Related posts