Ini Dia Rekomendasi Perlengkapan Bayi Yang Wajib Bunda Beli

  • Whatsapp
Ini Dia Rekomendasi Perlengkapan Bayi Yang Wajib Bunda Beli

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa perlengkapan bayi itu terdiri dari beragam jenis. Oleh karena itu, kita harus membuat list atau daftar belanjaan agar tidak ada yang terlewat. Secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa perlengkapan bayi yang wajib di beli. Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini :

  1. Kain Bedong

Perlengkapan bayi pertama yang harus bunda beli, yakni berupa kain bedong. Ya, terang saja demikian, sebab kain yang satu ini berfungsi untuk membungkus bayi sehingga membuat tubuhnya menjadi hangat dan nyaman. Biasanya, kain bedong tersebut sering digunakan ketika si kecil tidur pada malam har atau di cuaca dingin. Perlu bunda ketahui juga, bahwa penggunaan kain bedong ini jangan terlalu ketat atau kencang. Pasalnya, hal tersebut dapat mengganggi pembentukan struktur tulang dan merusak tulang bayi lho!

Maka dari itu, pemasangan kain bedong pada bayi itu harus agak longgar sehingga ia bisa bergerak dan terasa lebih nyaman. Lantas, berapakah jumlah kain bedong yang kita butuhkan? Dalam hal ini, disarankan bagi bunda untuk menyiapkan kain bedong setidaknya sebanyak 10 buah. Pasalnya, bayi yang baru lahir ini sring ngompol sehingga bunda harus mengganti kain bedongnya beberapa kali.

  1. Perlak

Selain kain bedong, perlak juga termasuk salah satu perlengkapan bayi yang wajib bunda beli. Pasalnya, kain perlak tersebut berfungsi sebagai alas tidur bayi. Kain perlak ini terdiri dari lapisan microfiber dan waterproof, sehingga dapat melindungi kasur dari ompol bayi. Terdapat 2 jenis kain perlik yang bisa bunda pilih, yakni kain perlak berkualitas standard dan yang berkualitas bagus. Lantas, apa perbedaan dari kedua jenis perlak tersebut?

Jenis perlak yang standar ini hanya akan menahan kencing bayi di bagian permukaan, sehingga bunda harus lebih rajin lagi untuk mengawasinya. Apabila didiamkan, maka bisa membuat si kecil tidak nyaman bahkan bisa masuk angin lho! Berbeda dengan perlak yang berkualitas bagus, dimana bagian permukaannya akan tetap kering meski terkena kencing bayi.

Ini Dia Rekomendasi Perlengkapan Bayi Yang Wajib Bunda Beli

  1. Baju Bayi

Menurut informasi yang di dapat, ada beberapa jenis baju bayi yang harus dipersiapkan seperti di bawah ini :

– kaos tangan pendek

– Kaos tangan panjang

– singlet

– celana pendek

– celana panjang

Baju bayi perempuan dan bayi laki-laki itu memang tidak memiliki perbedaan jauh. Namun, perbedaan tersebut biasanya terdapat pada bagian warna dan motif bajunya. Dalam hal ini, sangat disarankan bagi bunda untuk memilih baju bayi yang bahannya lembut dan adem. Mungkin akan jauh lebih baik lagi, apabila bunda menyiapkan baju bayi menjelang persalinan setelah mengetahui jenis kelamin si kecil.

Atau, bunda juga bisa mempersiapkan baju bayi tersebut sejak jauh-jauh hari dengan warna dan motif yang netral, sehingga bisa dipakai untuk bayi laki-laki maupun bayi perempuan. Mengenai jumlah baju, sebaiknya bunda menyiapkan baju bayi ini dalam jumlah yang cukup banyak, minimalnya harus ada 1 lusin agar bisa diganti kapan saja.

  1. Sarung Tangan dan Kaos Kaki Bayi

Setelah menyiapkan baju bayinya, bunda juga jangan sampai lupa untuk membeli sarung tangan dan kaos kaki bayi. Pasalnya, kulit bayi yang baru lahir ini masih sensitive sehingga butuh adaptasi untuk menyesuaikan suhu. Maka dari itu, sarung tangan dan kaos kaki merupakan pilihan yang paling tepat, karena fungsinya yang dapat membuat si kecil tetap hangat. Selain itu, sarung tangan ini juga bisa melindungi bagian tubuhnya agar tidak tercakar.

Ketika hendak membeli sarung tangan dan kaos kaki bayi, sebaiknya bunda memilih yang bahannya mudah menyerap keringat agar si kecil merasa nyaman. Lantas, seberapa banyak jumlah kaos kaki dan sarung tangann yang harus dipersiapkan? Dalam hal ini, bunda hanya perlu menyiapkan sarung tangan dan kaos kaki sebanyak 3 – 5 pasang saja.

  1. Celemek

Perlengkapan bayi selanjutnya yang jangan sampai bunda lupakan, yakni berupa celemek. Ya, celemek ini bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, yang berfungsi untuk melindungi baju bayi agar tidak basah terkena liurnya, atau melindungi baju agar tetap bersih saat si kecil sudah mulai belajar makan. Pada umumnya, celemek ini biasa digunakan untuk bayi lahir hingga usia 6 bulan keatas.

Dianjurkan bagi bunda untuk memilih celemek yang berbahan kain lembut dan mudah menyerap, dan juga memilih motif lucu agar tampak lebih menarik. Selain itu, usahakan juga untuk menyiapkan celemek dalam jumlah yang cukup banyak (sekitar 3 – 4 celemek).

  1. Popok Kain dan Popok Sekali Pakai (Pampers)

Ini dia salah satu perlengkapan bayi yang memiliki peranan paling penting, terlebih untuk bayi yang baru lahir. Mak dari itu, bunda harus mempersiapkan popok tersebut dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk popok kain, sebaiknya bunda persiapkan sebanyak 2 lusinan dengan memilih popok kain yang berbahan lembut dan mudah menyerap cairan.

Untuk popok sekali pakai alias pampers, maka pilihlah pampers yang dapat dibuka dan bukan yang berbentuk celana. Ya, hal itu agar bunda lebih mudah dalam membersihkan si kecil saat buang air besar. Bunda juga tidak perlu menyediakan pampers dalam jumlah banyak, dikarenakan bayi memang tidak boleh sering menggunakan pampers. Pasalnya, bahan pada pampers ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi lho! Oleh karena itu, bunda hanya perlu menyiapkan pampers ini sebanyak 1 lusin saja.

  1. Tempat Tidur Bayi

Agar si kecil maupun bunda tidak terganggu saat tidur, maka sebaiknya menyediakan tempat tidur khusus bayi.  Dengan begitu, bunda dapat tidur dengan nyaman begitu pun dengan si kecil. Saat membeli tempat tidur bayi, sebaiknya pilih tempat tidur yang rata dan empuk. Selain itu, pilih juga tempat tidur yang tidak ada sela di antara ranjang dan kasur agar tangan serta bayi si kecil tidak masuk ke sela tersebut.

  1. Kelambu

Selain tempat tidur, bunda juga harus membeli kelambu. Pasalnya, kelambu ini berfungsi untuk melindungi tubuh si kecil dari gigitan nyamuk maupun jenis serangga lainnya. Dengan begitu, si kecil pun dapat tidur lebih nyaman tanpa gangguan nyamuk. Dalam hal ini, sebaiknya bunda membeli kelambu yang dilengkapi dengan bingkai kokoh agar tidak mudah roboh.

  1. Perlengkapan Steril

Ada beberapa jenis perlengkapan steril yang harus bunda persiapkan, yakni seperti kain kasa, kapas steril, tisu, tisu basah, dan alokohol 70%. Kain kasa dan kapas steril digunakan untuk merawat luka di tali pusar bayi, sedangkan alkohol 70% digunakan untuk membersihkan luka tali pusar ketika mengganti perban. Berbeda dengan tisu biasa dan tisu basah, yang digunakan untuk mengelap atau membersihkan tubuh bayi saat buang air besar.

Nah, untuk mengetahui perlengkapan bayi yang harus dibeli, silahkan kunjungi situs e-commerce yang bernama iLotte.com.

Related posts