Inilah Jenis-jenis Peralatan Dapur Beserta Fungsinya

  • Whatsapp
Peralatan Dapur

Membuat sendiri menu favorit keluarga menjadi kesenangan tersendiri pada saat berada di rumah, terutama jika Kamu hobi memasak. Jadikan momen memasak di rumah jadi lebih efisien dan menyenangkan dengan peralatan dapur yang lengkap dan berkualitas.

Bagi sang koki rumahan, berikut ini adalah jenis-jenis peralatan dapur dan fungsinya yang dapat ditambahkan ke dalam dapur impian Kamu.

  • Wajan

Jika ingin membuat tumisan sayur atau makanan yang digoreng, maka wajan adalah peralatan dapur yang Kamu butuhkan. Untuk wajan, sebaiknya gunakan bahan anti lengket untuk memudahkan Kamu ketika memasak dan membersihkannya.

Sebaiknya Kamu memilih wajan dengan bahan aluminium karena ringan serta dapat menyebarkan panas secara merata agar makanan matang dengan lebih cepat. Selain memilih wajan berbahan aluminium, Kamu juga dapat menggunakan wajan dengan penutup untuk mempercepat proses memasak.

  • Pengering piring

Piring dan peralatan makan lainnya yang baru dicuci tidak dapat langsung disimpan di dalam kabinet karena akan menjadi lembab dan berjamur. Tempatkan pengering piring di samping wastafel agar peralatan makan yang baru dicuci tidak membasahi area dapur Kamu.

Selain untuk mengeringkan piring dan peralatan makan lainnya, peralatan dapur ini juga dapat Kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan piring, mangkuk, gelas jika Kamu belum memiliki kabinet atau rak khusus untuk menyimpan peralatan makan.

  • Panci

Ingin membuat sup ayam lezat atau saus bolognese untuk pasta Kamu? Panci adalah peralatan dapur yang dibutuhkan. Gunakan panci berbahan baja anti karat agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama serta dapat menghantarkan panas secara lebih merata.

Agar makanan dapat lebih cepat matang, Kamu dapat menggunakan panci dengan penutup. Ada banyak pilihan ukuran panci yang dapat Kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Pisau dapur

Apa pun menu yang ingin Kamu sajikan hari ini, pisau dapur selalu memiliki peranan penting mulai dari mengiris sayur, memotong daging hingga mengupas buah. Ukuran pisau dapur pun bermacam-macam tergantung kebutuhan Kamu.

Untuk memotong daging, Kamu memerlukan pisau dapur berukuran besar agar lebih mudah memotong daging yang tebal. Sedangkan untuk mengupas buah atau mengiris sayur Kamu dapat memilih pisau dapur berukuran lebih kecil. Gunakan baki pisau agar pisau-pisau Kamu dapat tertata rapi dan lebih mudah ditemukan.

  • Spatula

patula menjadi peralatan dapur yang Kamu butuhkan ketika ingin menggoreng atau pun menumis. Oleh karena itu peralatan satu ini perlu ditempatkan di area yang mudah terlihat sehingga memudahkan Kamu mengambilnya ketika diperlukan.

Spatula hadir dalam berbagai material, mulai dari spatula berbahan kayu, baja anti karat, hingga plastik. Masing-masing spatula memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya spatula baja meski lebih awet dibanding spatula kayu dan plastik, namun spatula ini dapat menggores lapisan wajan Kamu.

Baki peralatan makan

Salah satu permasalahan di dapur adalah bagian dalam laci yang berantakan. Padahal laci dapat Kamu manfaatkan sebagai tempat penyimpanan, salah satunya untuk menyimpan peralatan makan. Buat peralatan makan Kamu tertata rapi di dalam laci dengan baki peralatan makan.

Dengan menggunakan baki peralatan makan Kamu dapat memisahkan sendok, garpu, sumpit sehingga dapat lebih mudah ditemukan terutama jika Kamu sedang terburu-buru. Kini tidak ada lagi laci dapur yang berantakan dan peralatan makan yang tiba-tiba ‘hilang’ ketika Kamu membutuhkannya.

Itulah informasi tentang Inilah Jenis-jenis Peralatan Dapur Beserta Fungsinya dan kamu juga order tentang jenis peralatan dapur stainless di Fahman Kitchen.

Related posts