Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif merupakan salah satu profesi yang memiliki tanggung jawab penuh untuk memberikan anestesi atau dalam bahasa umum pembiusan saat pasien akan melakukan tindakan operasi maupun jenis penanganan medis tertentu. Selain itu, dokter yang satu ini juga menguasai penuh mengenai nyeri pada bagian tubuh tertentu serta cara perawatan yang paling tepat untuk pasien. Penting untuk Anda ketahui dokter spesialis anestesi terbagi dalam berbagai bidang, mulai dari anestesi lokal, anestesi umum dan anestesi regional yang memiliki fungsi serta peranan masing-masing dalam dunia medis.

Umumnya sebelum seseorang menjalani operasi atau bedah dibagian tubuh tertentu akan diberikan obat bius terlebih dahulu agar tidak merasakan sakit atau mati rasa, tindakan tersebut dalam dunia medis disebut dengan anestesi yang memiliki sistem kerja dengan cara memblokir sinyal yang berada di tubuh agar tidak sampai ke jaringan otak, sehingga secara otomatis tubuh akan lupa dengan semua tindakan yang dilalui selama operasi berlangsung.

Agar penyakit yang dialami pasien dapat segera ditangani dan sembuh sesuai keinginan, maka diperlukan kerjasama yang baik antara satu dokter dan kru medis lainnya. Selain itu, hal penting yang sebaiknya Anda lakukan sebelum melakukan tindakan pengobatan terutama jika berhubungan dengan dokter spesialis yang satu ini adalah meminta sesi konsultasi terlebih dahulu. Oleh sebab itu, berikut akan kita bahas peranan penting dokter spesialis yang satu ini, antara lain:

  • Dokter yang satu ini memiliki peranan yang besar dalam mengatur manajemen operasi pasien, mulai dari tindakan yang harus dilakukan sebelum, saat operasi maupun sesudahnya. Nantinya, dokter ini akan melakukan koordinasi dengan dokter bedah dan melakukan monitor pembiusan selama operasi tersebut berlangsung.
  • Berikutnya dokter spesialis anestesiologi juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan perawatan secara intensif terutama pada pasien yang sedang dalam kondisi kritis atau membutuhkan perawatan secara intensif. Dalam melakukan tugasnya tersebut, dokter ini juga akan menjalin kerjasama dengan berbagai kru medis dan dokter spesialis lain.
  • Ada beragam kompetensi yang sudah pasti dikuasai oleh dokter spesialis ini meliputi memberikan penilaian terhadap kondisi pasien sebelum menjalani operasi, menentukan semua bagian tubuh vital yang sensitif pada pasien, serta akan menentukan posisi tubuh pasien yang paling nyaman saat akan melakukan tindakan bedah.

Memiliki tubuh yang sehat serta terhindar dari berbagai gangguan kesehatan terkait penyakit kronis merupakan impian setiap orang. Akan tetapi, jika kondisinya Anda saat ini terlanjur menderita penyakit tertentu atau memiliki riwayat penyakit kronis sehingga mengharuskan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis yang satu ini, maka sebaiknya lakukan persiapan terlebih dahulu seperti menanyakan secara detail tindakan medis yang nantinya akan dilakukan untuk mengobati penyakit tersebut maupun persiapan apa saja yang harus Anda lakukan agar pengobatan dapat berjalan lancar sesuai keinginan.

Demikian ulasan mengenai peranan penting dokter spesialis anestesiologi dan terapi intensif yang penting untuk diketahui. Jenis dokter spesialis yang satu ini memang masih kurang akrab didengar dikalangan masyarakat karena hanya akan turun tangan langsung pada saat pasien mengalami penyakit yang terbilang kronis, padahal sebenarnya dokter ini memegang posisi vital dalam proses penyembuhan. Oleh sebab itu, ulasan di atas dapat Anda jadikan referensi jika di kemudian hari Anda maupun salah satu kerabat mengalami kondisi darurat tertentu agar dapat menentukan tindakan terbaik yang harus dilakukan.