Jam Tidur yang Baik untuk Anak Menurut Usianya 

  • Whatsapp
Jam Tidur Anak

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi anak terutama di masa pertumbuhan mereka. Penelitian mengungkapkan, tidur dapat membantu perkembangan kognitif, mempengaruhi kesehatan fisik dan mental serta mengatur suasana hati anak. Berbeda umur dan tahap pertumbuhan pada anak, maka berbeda pula jumlah dan jadwal jam tidur yang baik untuk anak.

Jam Tidur untuk Anak

Lantas bagaimana jadwal dan jumlah jam tidur yang baik bagi anak? Berikut ini penjelasannya.

1.    Usia 1-4 minggu

Pada bayi yang baru lahir, jumlah jam tidur yang baik adalah sekitar 15-16 jam setiap harinya. Meski begitu, biasanya tidur bayi tidak terjadwal karena belum memiliki ritme sirkadian (jam tidur biologis). Selain itu, pada usia ini biasanya bayi memiliki durasi tidur yang pendek dan sering terbangun sehingga cenderung tidak memiliki pola tidur.

2.    Usia 1-4 bulan

Dengan jumlah tidur 14-15 jam per hari, di usia ini bayi biasanya memiliki durasi tidur lebih lama yakni sekitar 6 jam. Di usia ini pula bayi mulai mengenal pola tidurnya dan mulai berhenti mengalami kebingungan antara siang dan malam. Selain itu, jadwal tidur pada bayi di usia 1 hingga 4 bulan biasanya cenderung terjadi pada sore hingga malam hari.

3.    Usia 4-12 bulan

Di usia 4-12 bulan, jumlah tidur bayi idealnya juga 14-15 jam namun ritme biologis pada anak di usia ini sudah mulai matang dibandingkan sebelumnya. Jam tidur siang yang baik biasanya terjadi sebanyak 2 hingga 3 kali yang terjadi pada pertengahan pagi hingga sore hari. Pada usia ini, ada baiknya orangtua mulai mengajari anak untuk sedikit demi sedikit mengenali pola tidur mereka.

4.    Usia 1-3 Tahun

Bagi anak berusia 1-3 tahun, jumlah jam tidur yang baik  anak yang ideal adalah 12 hingga 14 jam setiap harinya. Mengatur pola tidur anak 1 tahun merupakan hal yang penting karena biasanya di usia ini anak hanya mendapatkan waktu 10 jam untuk tidur. Di usia ini biasanya mereka sudah berhenti tidur pada pagi dan sore hari, namun penting bagi mereka untuk tidur setidaknya 1 hingga 3 jam saat siang hari.

5.    Usia 3-6 Tahun

Anak-anak di usia ini memiliki jam tidur ideal sebanyak 10-12 jam perhari dimana jam tidur malam biasanya dimulai antara jam 7 dan 9 malam hingga jam 8 pagi. Di usia 3 tahun biasanya kebanyakan anak-anak masih tidur siang dengan durasi tidur semakin berkurang. Namun, anak-anak mulai menginjak usia 5 tahun, disitulah mereka mulai meninggalkan kebiasaan tidur siang.

6.    Usia 7-12 Tahun

Anak pada usia 7-12 tahun mulai memiliki kesibukan baik di dalam maupun di luar rumah sehingga biasanya melewatkan tidur siang. Jumlah waktu tidur yang ideal untuk anak-anak pada usia 7-12 tahun berkisar antara 10 hingga 11 jam perhari. Di usia ini, waktu tidur yang baik untuk anak-anak dimulai pada pukul 9 malam hingga pukul 7 pagi.

7.    Usia 12-18 Tahun

Menginjak remaja, kehidupan sosial mereka semakin membuat sibuk sehingga baru tidur saat larut malam. Namun begitu, pada usia ini lamanya waktu tidur  yang baik sebaiknya berkisar antara 8 hingga 9 jam per hari. Karena pada kenyataannya, remaja membutuhkan waktu tidur cukup banyak untuk menjaga kesehatan fisik dan mental tetap terjaga.

Untuk anak-anak prasekolah, orangtua bisa membantu anak untuk tidur dengan cara membacakan dongeng. Sementara itu, mematikan lampu dan perangkat elektronik bagi anak yang mulai mandiri dan remaja dapat membantu mereka membentuk rutinitas tidurnya. Anda juga dapat mencari cara untuk mensiasati agar anak mau tidur siang atau tidur lebih awal dengan membaca artikel parenting di internet.

Related posts