Jangkar Kodok: Spesifikasi, Fungsi, dan Kelebihannya

  • Whatsapp
jual jangkar kodok

Jangkar kodok dalam bahasa latin/bahasa asingnya bisa kamu sebut dengan Stockless Hall type anchor. Jangkar kodok ini merupakan jangkar yang mempunyai lengan serta tubuh yang dihubungkan dengan engsel serta tidak dilengkapi dengan tongkat (Stockless), hingga dari itu jangkar kodok ini disebutkan dengan stockless.

Dalam merendahkan jangkar ini butuh digunakan mesin jangkar ataupun windlass, supaya jangkar bisa keluar dengan nyaman tanpa mengganggu lambung kapal. Jangkar ini wujudnya sangat cocok dengan desain tabung jangkar/hawse pipe, sehingga jangkar ini bisa ditaruh didalam hawse pipe tersebut supaya tidak sangat nampak keluar dari lambung kapal itu sendiri.

Jangkar kodok/Stockless hall anchor ini merupakan salah satu jangkar yang sangat terkenal, sebab yang sudah kami sebutkan tadi ialah desainnya yang dirancang supaya cocok dengan lubang penyimpanan jangkar pada mayoritas kapal. Jangkar kodok ini digunakan biasanya pada kapal konvensial ataupun kapal komersil serta kapal pengangkut.

Kamu pasti telah ketahui jika jangkar merupakan salah satu perlengkapan yang sangat berarti buat kapal. Nah, salah satu jangkar yang banyak digunakan di kapal merupakan jangkar kodok ataupun nama kerennya alias stockless hall anchor. Ayo kenalan lebih jauh sama jangkar yang satu ini.

Mengapa diucap jangkar kodok? Sebab struktur jangkar yang satu ini dirancang buat dapat mencengkram bawah laut dengan kokoh semacam seperti kodok. Jadi meski terdapat arus dasar laut ataupun angin yang kencang, jangkar tidak gampang goyah.

Biar dapat melaksanakan guna penambatan kapal secara optimal, hingga stockless hall anchor wajib ditemani dengan pernak-pernik jangkar yang tangguh:

  • Segel jangkar
  • Joining shackle
  • Kenter shackle
  • Swivel piece ataupun kili-kili
  • Rantai jangkar ataupun anchor chain
  • Windlass ataupun perlengkapan penarik jangkar.

Spesifikasi dari Jangkar Kodok

  • Bahan material: stainless steel.
  • Finishing: black painting ataupun hot dip galvanized
  • Dimensi: 40 kilogram hingga puluhan ribu kilogram.

Satu perihal yang berarti dikala beli jangkar kodok merupakan harus terdapat sertifikatnya. Sertifikat diperlukan buat menjamin kalau jangkar tersebut telah dicek oleh tubuh klasifikasi sehingga kualitasnya terjamin cocok dengan standar. Contoh sertifikat buat produk semacam jangkar ini merupakan sertifikasi CCS (Cina Classification Society). Anda juga bisa membelinya di Distributoralatkapal.com. Disitu ada berbagai alat kapal yang dijual termasuk jual jangkar kodok.

Kelebihan dari Jangkar Kodok

Tidak terdapat jangkar yang sesuai buat seluruh kebutuhan, sebab seluruh perlengkapan tentu memiliki kelebihan serta kekurangan. Stockless hall anchor sesuai digunakan oleh kapal-kapal berdimensi menengah. Tidak hanya itu, keunggulan jangkar yang satu ini merupakan dapat digunakan di banyak kepribadian permukaan laut misalnya yang berbatu, berlumpur, berpasir, ataupun yang berkarang.

Kekuatan jangkar kodok ini didapat dari rancangan struktur jangkarnya yang bisa bergerak sampai 45 derajat ke 2 sisi. Desain jangkar semacam ini pula menolong operasional, sebab mudah ditaruh serta dilepaskan.

Fungsi dari Jangkar Kodok

Tetapi saat sebelum kami menarangkan tentang guna jangkar kodok stockless hall ini, terlebih dulu kami hendak ngebahas sedikit kebelakang tentang dini mula jangkar ini terbuat. Jadi supaya postingan ini terus menjadi lengkap serta terus menjadi banyak basa-basi. Hohoho.

Oke. Klo gitu hendak Kami jelasin nih dini mula cerita ini berkisah. Jadi pada jaman dulu kala, jangkar kodok ini dibesarkan pada akhir abad 19. Serta jangkar kodok ini sendiri ialah suatu permulaan dari pertumbuhan jenis-jenis jangkar pada masa itu. Tipe jangkar kodok ini banyak sekali digunakan pada kapal-kapal berdimensi besar pada masa itu. Serta buat fisiknya sendiri, jangkar ini mempunyai tiang jangkar yang sangat efisien sebab bisa bergerak

Kebawah ataupun mendatar serta dapat pula keatas ataupun naik keatas. Jadi dikala jangkar ini turun ke bawah laut, hingga lengannya hendak langsung bergerak kebawah sehingga tiangnya hendak membiasakan letaknya.

Buat lengannya sendiri pula dapat bergerak sampai mempunyai sudut 45 derajat. Jadi dengan kemiringan segitu hingga lengan tersebut hendak bisa langsung menancap ke bawah laut lebih mantap.

Related posts