Pemain Single Putri Badminton Indonesia Terbaik

  • Whatsapp
Pemain Single Putri Badminton Indonesia Terbaik

Badminton saat ini telah menjadi olahraga yang dikenal dunia dengan berbagai ajang pertandingan yang diselenggarakan. Terutama di Indonesia olahraga ini menjadi salah satu pilihan banyak orang untuk menjadi atletnya dengan mengikuti bimbingan tersendiri.

Olahraga ini termasuk mahal karena semua peralatannya mesti dibeli, mulai dari raket, shuttlecock, sampai harga karpet badminton yang dijual dengan harga cukup mahal. Namun meskipun begitu, tak menyurutkan niat generasi muda untuk mendalami olahraga yang satu ini.

Sejak dulu Indonesia memang sudah memiliki pemain pemain hebat, baik putra maupun putri yang telah populer di dunia perbulutangkisan seperti nama-nama pemain putri berikut:

Pemain Tunggal Putri Badminton Terbaik Indonesia

Sedikitnya ada lima orang mantan pemain single putri Indonesia yang memiliki predikat terbaik dan melegenda hingga saat ini. Siapa sajakah mereka? Silahkan Anda simak ulasannya di bawah ini:

1. Mia Audina

Merupakan salah satu pemain yang pernah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia meskipun saat ini sudah pensiun. Mia Audina memulai karir badmintonnya sejak tahun 1994 silam dengan kemenangan pada ajang Uber Cup saat masih berusia 14 tahun.

Selain itu, dirinya juga pernah mengikuti Olimpiade Atlanta dan menyabet medali perak di tahun 1996, serta menyumbangkan nilai kemenangan bagi Indonesia pada Uber Cup. Ada banyak prestasi lokal lainnya yang juga pernah diraih oleh tunggal putri yang satu ini.

Belum mengakhiri karirnya namun Mia Audina kemudian menetap di negara Belanda pasca menikah dengan suaminya. Saat itu pun dia masih sempat meraih perak pada Olimpiade Athena, meskipun mengusung bendera Belanda.

2. Susy Susanti

Susy Susanti juga merupakan salah satu legenda pebulutangkis tunggal putri yang dimiliki Indonesia dengan karir bersinar di masanya dulu. Ada banyak raihan medali yang pernah dibawanya pulang sebagai penanda kehebatan pemain badminton ini.

Antara lain adalah medali emas 1992 pada Olimpiade Barcelona, Perunggu pada Olimpiade Atlanta 96, 1991 & 1995 World Championship Semifinalis, World Championship 1993 sebagai juara, 1990 sampai 1994 juara All England, World Cup 89 sebagai juara, dan 89 sebagai semifinalis All England.

Diketahui Susy Susanti menggantungkan raketnya sejak menikah dengan Alan Budi Kusuma yang juga merupakan atlet badminton single putra Indonesia. Meskipun begitu, saat ini dirinya banyak didapuk sebagai pembicara seputar dunia bulutangkis nasional.

3. Maria Kristin Yulianti

Memulai karir bermain badminton sejak tahun 2000, Maria Kristin Yulianti juga merupakan salah satu pemain tunggal putri terbaik Indonesia. Dengan semua keunggulan pada dirinya, pemain ini banyak meraih prestasi  yang ikut mengharumkan Indonesia di dunia.

Dirinya menjadi salah satu atlet yang pernah meraih medali Perunggu pada Olimpiade Beijing yang diselenggarakan pada 2008 silam. Sejak itu karirnya melejit dan namanya populer sebagai pemain tunggal putri yang patut diperhitungkan.

4. Lindaweni Fatreni

Lindaweni Fatreni juga mencatatkan debutnya sebagai pemain tunggal putri terbaik Indonesia pada masanya dulu. Dirinya merupakan atlet yang banyak meraih kemenangan dalam ajang pertandingan nasional dan internasional.

Salah satu kejuaraan yang pernah diikuti olehnya adalah World Championship di tahun 2015 dengan peraihan medali perunggu. Namun, dirinya juga merupakan pemain yang disegani oleh lawan-lawannya.

5. Ivana Lie

Terbaik dan melegenda, inilah predikat yang dimiliki oleh senior tunggal putri Indonesia dalam olahraga badminton. Memulai karir bermain sejak tahun 1980 dengan berbagai prestasi yang diraih dan dibawa pulang olehnya.

Dirinya pernah menjadi runner up Juara Dunia 1980, sebagai semifinalis 1981 di All england, serta runner up 1985 pada World Cup.

Itulah yang menjadikannya populer sebelum kemudian dirinya menjadi partner main di ganda campuran bersama Christian Hadinata. Saat itu mereka berdua merebut gelar juara dunia yang diselenggarakan tahun 1985 silam.

Meskipun saat ini nama nama di atas sudah tidak aktif lagi sebagai pemain badminton Indonesia karena faktor usia. Namun, semangat juang mereka terus membekas dalam hati para pemain muda yang sekarang ini juga tak kalah hebat dengan pemain badminton dunia.

Related posts