Produk Pembersih yang Bisa Digunakan untuk Disinfektan Cegah Covid 19

  • Whatsapp

Sejak Indonesia dikabarkan terjangkit virus Corona Covid 19, produk seperti masker, hand sanitizer, hingga diseinfektan pun jadi barang langka yang sulit ditemukan. Tidak jarang masyarakat yang mulai berfikir untuk membuat disinfektan sendiri demi meminimalisir penyebaran virus corona yang semakin bertambah jumlahnya.

Tidak lama setelah itu, LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia merilis daftar produk pembersih rumah tangga yang bisa digunakan sebagai alternatif lain dalam pembuatan disinfektan. Produk-produk ini selain memiliki kandungan bahan aktif yang mampu melemahkan virus dan mikroorganisme juga sangat efektif untuk membunuh kuman.

Disinfektan merupakan bahan aktif yang memiliki kemampuan untuk merusak lapisan lemak sehingga mampu melemahkan virus Corona dibanding Norovirus yang tidak memiliki sampul atau selubung . Dimana diketahui virus Corona Covid 19 ini merupakan sejenis virus yang memiliki sampul atau selubung (Enveloped Virus) dengan pelindung lapisan lemak.

Dimana produk-produk pembersih rumah tangga ini diyakini memiliki kandungan bahan aktif yang tidak hanya menghancurkan lemak dari virus tersebut, melainkan juga merusak protein yang ada di selubung virus. Berikut beberapa daftar produk pembersih kamar mandi yang bisa digunakan untuk disinfektan pencegahan virus Corona Covid 19 dan cara membuatnya:

Produk Pembersih yang Bisa Digunakan untuk Disinfektan Cegah Covid 19

1. Wipol Pembersih Lantai

Berdasarkan informasi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), produk pembersih rumah tangga yang bisa digunakan untuk disinfektan adalah Wipol Pembersih Lantai. Ada 2 produk Wipol yang bisa digunakan, yaitu Wipol Pembersih Lantai Cemara (2,5%) dan Wipol Pembersih Lantai Sereh dan jeruk (1,25%). Untuk 1 Wipol Pembersih Lantai Cemara bisa digunakan dalam 9 bagian air. Sedangkan untuk Wipol Pembersih Lantai Sereh dan Jeruk dapat dicairkan dengan takaran 40 ml dalam 1 liter air.

2. SOS Pembersih Lantai Anti-Bacterial

SOS Pembersih Lantai Anti-Bacterial ini memiliki kandungan bahan aktif berupa Benzalkonium Chloride sebesar 1%. Dimana kandungan bahan aktif tersebut sudah dapat digunakan untuk menghancurkan lapisan lemak pada virus Corona. Cairan yang biasanya digunakan sebagai pembersih kamar mandi ini bisa diencerkan dengan takaran 50 ml per 1 liter air.

3. Soklin Pemutih

Soklin pemutih yang memiliki kandungan bahan aktif berupa Sodium Hypochloride sebesar 5,25% ini memang lebih tinggi dibanding produk pembersih sebelumnya. Dimana kandungan tersebut diperkirakan efektif untuk menghancurkan lemak dan protein pada lapisan virus Corona Covid 19. Cara penggunaannya, encerkan 20 ml dalam 1 liter air. Namun karena sifatnya yang korosif terhadap logam, sebaiknya bersihkan dengan kain basah agar tidak merusak bahan logam setelah 10 menit selesai disemprotkan.

4. Septalkan

Septlkan juga menjadi produk pembersih yang bisa digunakan untuk pembuatan disinfektan. Produk dengan kandungan bahan aktif Benzalkonium Klorida sebesar 0,0095% ini dapat digunakan dengan mengencerkan 1 bagian dalam 1 liter air.

5. Proclin Pemutih

Sama seperti Soklin Pemutih, produk pembersih Porclin juga dapat digunakan untuk membuat disinfektan. Produk dengan kandungan bahan aktif berupa Sodium Hypochlorite sebesar 5.25% ini efektif untuk membersihkan rumah atau tempat-tempat lainnya dari virus Corona. Cara penggunaannya, encerkan20 ml dalam 1 liter air.

6. Mr. Muscle Axi Pembersih Lantai

Jika selama ini Anda menggunakan produk Mr. Muscle Axi sebagai pembersih kamar mandi atau lantai rumah. Produk ini juga bisa dijadikan sebagai pengganti disinfektan. Produk dengan kandungan 0,6% Ethoxylated Linear Akohol dan 0,15% Benzalkonium Chloride ini mampu melemahkan virus corona dengan efektif. Caranya, encerkan 1 bagian ke dalam 2 bagian atau 2 liter air.

7. Dettol Pembersih Lantai

Bila selama ini banyak orang menggunakan dettol sebagai hand senitizer untuk membunuh virus. Maka produk ini juga bisa digunakan untuk disinfektan. Ada beberapa produk Dettol yang bisa digunakan sebagai alternatif disinfektan, yaitu Dettol All in 1 Disinfectand Spray, Dettol Antiseptic Liquid, Dettol Pembersih Lantai Citrus, dan Dettol Pembersih Lantai Multiaction (4 in 1).

Dettol All in 1 Disinfectand Spray mengandung bahan aktif berupa Alkyl Dimethyl Benzyl yang bisa digunakan dengan mengencerkan 1 bagian dalam 1 liter air. Untuk Dettol Antiseptic Liquid yang memiliki kandungan bahan aktif berupa Chloxylenol sebesar 4,8% yang dapat digunakan dengan mengencerkan 25 ml dalam 1 liter air. Sedangkan, untuk Dettol Pembersih Lantai Citrus dan Dettol Pembersih Lantai Multiaction (4 in 1) mengandung bahan aktif berupa Benzalkanium Klorida sebesar 1,186% dengan mengencerkan 45 ml dalam 1 liter air.

8. Bayclin

Jika biasanya Bayclin digunakan untuk memutihkan pakaian yang kusam atau kotor. Saat ini Bayclin juga bisa digunakan untuk penggantikan disinfektan. Ada 2 jenis Bayclin yang bisa digunakan, yaitu Bayclin Reguler dan Bayclin Lemon yang mengandung bahan aktif Sodium Hypochlorite sebesar 5,25%. Keduanya dapat digunakan sebagai disinfektan dengan  mengencerkan 20 ml dalam 1 liter air. Namun karena sifatnya yang korosif terhadap logam, sebaiknya bersihkan dengan kain basah agar tidak merusak bahan logam setelah 10 menit selesai disemprotkan.

9.  Aquatabs Multipurpose

Produk pembersih rumah tangga ini juga bisa digunakan sebagai disinfektan yang mampu membunuh virus Corona. Sebagai pembersih dengan kandungan bahan aktif berupa Sodium Dichloroisocyanurate, Aquatabs Multipurpose bisa Anda manfaatkan untuk disinfektan sendiri di rumah. Cara penggunaannya, encerkan 1 bagian Aquatabs Multipurpose ke dalam 1 liter air.

10. Bebek Kamar Mandi

Meskipun memiliki kandungan bahan aktif sedikit lebih rendah yaitu Benzalkonium Klorida sebesar 0,1%. Namun produk pembersih ini masuk ke dalam daftar yang direkomendasikan oleh LIPI sebagai pengganti disinfektan. Anda bisa menggunakan produk pembersih kamar mandi ini dengan mengencerkan 1 bagian ke dalam 1 liter air.

11. Corox Disinfecting Bleach

Memiliki sifat korosif bukan berarti produk pembersih ini tidak bisa digunakan sebagai disinfektan. Produk dengan kandungan bahan aktif berupa Sodium Hypochlorite sebesar 7,4% ini bisa digunakan sebagai alternatif dalam pembuatan disinfektan di rumah. Caranya, encerkan 50 ml Corox Disinfecting Bleach ke dalam 1 liter air. Namun produk ini memiliki sifat korofis terhadap logam. Sebaiknya jika digunakan pada logam, bersihkan atau lap dengan kain basah setelah 10 – 15 menit selesai disemprotkan.

12. Bratacare Disinfectane Concentrate

Produk pembersih dengan kandungan bahan aktif berupa Quarternaty Ammonium Compound sebesar 4,5% atau 45g/L ini juga bisa digunakan sebagai disinfektan virus Corona. Dimana Anda bisa menggunakannya dengan cara encerkan 10 ml Bratacare Disinfectane Concentrate dalam 1 liter air. Cairan yang telah diencerkan kemudian bisa digunakan sebagai disinfektan untuk membersihkan ruangan-ruangan dari penyebaran virus Corona.

Setelah mengetahui daftar produk pembersih yang bisa digunakan untuk disinfektan cegah virus Covid 19. Anda bisa menggunakan produk-produk tersebut untuk membuat disinfektan sendiri di rumah. Sebaiknya, sebelum menggunakan produk baca terlebih dahulu label dan instruksi penggunaan yang tertera di label produk. Untuk pengenceran juga perlu dilakukan sesuai dengan yang telah dijelaskan agar disinfektan berfungsi dengan baik dalam mencegah penyebaran virus Corona Covid 19.

Related posts