Ketika wabah virus corona seperti sekarang ini, salah satu cara pencegahannya adalah dengan tinggal di rumah. Sehingga dengan tinggal di rumah maka dapat untuk menghindari banyak orang dan tidak bepergian ke tempat ramai orang yang akan berpotensi untuk menularkan virus covid-19. Akan tetapi ketika melakukan isolasi di rumah juga penting untuk menjaga kebersihan rumah yang akan dapat untuk menghindari penyebaran corona. Untuk tips mencegah penyebaran corona lain secara efektif sendiri dapat dibaca lebih lanjut di Halodoc atau bisa untuk berkonsultasi langsung lewat aplikasi Halodoc. Sedangkan untuk cara membersihkan rumah yang tepat agar menghindari penyebaran corona bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Membersihkan tangan

Untuk cara pertama sebelum akan membersihkan rumah adalah dengan membersihkan tangan terlebih dahulu. Dimana salah satu cara efektif untuk menghindari penularan corona adalah dengan rutin untuk mencuci tangan sehingga dapat menghindari penularan corona. Anda dapat untuk membersihkan tangan sebelum akan dapat membersihkan rumah dengan menggunakan cairan disinfektan. Hal ini akan dapat untuk mengurangi resiko tangan kotor yang dapat menyebabkan virus sebelum akan memegang disinfektan untuk membersihkan rumah. Selain itu sebelum akan menggunakan disinfektan juga penting untuk membaca petunjuknya terlebih dahulu sehingga akan bisa menggunakannya dengan tepat.

  • Menggunakan pembersih disinfektan rumah tangga

Cara selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan rumah dengan tepat selama masa karantina untuk menghindari penyebaran virus corona adalah dengan menggunakan cairan atau pembersih disinfektan. Hal ini dapat dilakukan untuk membersihkan berbagai benda dan juga ruangan yang sering digunakan dan disentuh. Misalnya saja harus membersihkan toilet dengan rutin, gagang pintu, kamar mandi, saklar lampu, keyboard pada laptop, dan juga berbagai macam tempat lainnya yang dapat menjadi tempat atau barang yang menjadi tempat virus. Gunakanlah disinfektan yang efektif untuk membunuh virus yaitu dengan kandungan 70 persen alkohol. Selain itu juga pilih disinfektan yang terdaftar di EPA dan mudah diencerkan.

  • Menggunakan sarung tangan

Hal selanjutnya yang dapat diperhatikan ketika akan membersihkan rumah adalah dengan menggunakan sarung tangan. Ketika akan menggunakan pembersih dan juga disinfektan untuk membersihkan benda dan juga ruangan di rumah maka lebih baik untuk menggunakan sarung tangan sekali pakai. Hal ini akan lebih baik dibandingkan menggunakan sarung tangan yang berkali-kali karena akan mempunyai tujuan yang berbeda. Oleh karena itulah untuk membersihkan rumah maka bisa menggunakan sarung tangan yang sekali pakai.

  • Mencuci baju dengan tepat

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membersihkan rumah ataupun benda di dalam rumah adalah ketika mencuci baju. Ketika mencuci baju juga harus dengan cara yang tepat sehingga menghindari penyebaran corona. Dimana cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan air hangat ketika mencuci baju. Hal tersebut akan mempunyai keunggulan dapat membunuh virus lebih baik sehingga membuat baju yang Anda cuci dapat bersih seluruhnya. Selain baju, Anda juga perlu untuk mencuci tempat untuk meletakkan baju kotor seperti keranjang ataupun ember yang digunakan untuk mencuci baju dengan tepat.

  1. Membersihkan benda yang sering dipegang terutama handphone

Dan hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk membersihkan rumah mencegah virus corona adalah dengan membersihkan benda yang sering dipegang. Terutama untuk handphone yang selalu dipegang perlu untuk dibersihkan dengan rutin. Caranya adalah cukup menggunakan kain mikrober untuk sedikit dibasahi dan matikan handphone terlebih dahulu sebelum akan dimatikan.