Tips Perawatan Gigi Ala SehatQ agar Bebas Gigi Berlubang

  • Whatsapp
Tips Perawatan Gigi

Sudahkah kamu menyikat gigi hari ini? Bagaimana caramu menyikat gigi? Berapa kali sehari kamu menyikat gigi? Kesehatan gigi tidak boleh diremehkan, sama halnya kita harus menjaga imun tubuh.

Gigi memiliki fungsi besar untuk memotong dan menghancurkan makanan agar mudah ditelan. Ketika gigi berlubang muncul, rasa sakit yang luar biasa pun akan sangat mengganggu. Nah, supaya gigi tidak berlubang perawatan berkala pun wajib dilakukan.

Tips Merawat Gigi agar Tetap Sehat

Masih banyak yang malas merawat gigi dengan sakit gigi secara teratur. Padahal ketika sakit pasti merasa takut untuk pergi ke dokter gigi. Gigi yang berlubang bisa menjadi parah sehingga membuat gigi perlu dicabut.

Semakin banyak yang rusak, perawatan pun semakin mahal apalagi harus menggunakan gigi palsu. Supaya permasalahan gigi tidak semakin parah, ada beberapa tips merawat gigi ala SehatQ berikut ini yang bisa kamu ikuti.

  • Sikat Gigi Minimal 2 Kali Sehari

Tidak ada cara paling ampuh untuk merawat gigi selain sikat gigi dengan teratur. Kamu perlu sikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Waktu yang tepat untuk sikat gigi adalah usai sarapan dan malam sebelum tidur.

Jangan terburu-buru menyikat gigi, biasanya 2 menit untuk membersihkan gigi. Selain itu bersihkan juga bagian lidah. Banyak plak yang menumpuk di lidah dan bisa menjadi sumber bau mulut.

  • Menggunakan Pasta Gigi yang Tepat

Jenis pasta gigi yang digunakan juga perlu diperhatikan, di mana kandungan fluoride dibutuhkan. Kandungan tersebut mampu memberikan perlindungan pada gigi dari senyawa asam yang jadi sumber kerusakan igi.

Pasta gigi berfluoride juga berfungsi untuk mencegah bakteri untuk memproduksi asam yang terdapat pada plak di gigi dan lidah. Selain itu juga mampu menjaga lapisan enamel pada gigi.

  • Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah bukan hanya baik untuk daya tahan tubuh tetapi juga menjaga kesehatan gigi. Tekstur buah yang renyah akan membantu gigi ter stimulan termasuk gusi. Sehingga cukup membantu menghilangkan plak yang telah menempel karena makanan sebelumnya.

Kesehatan gigi dan tubuh akan terus terjaga khususnya bagi anak-anak yang masih dalam pertumbuhan.

  • Perhatikan Kondisi Sikat Gigi

Pilih jenis sikat gigi yang memiliki bulu halus supaya tidak merusak lapisan enamel sekaligus menyakiti gus. Selain itu penggantian sikat gigi juga wajib dilakukan. Minimal sikat gigi harus diganti tiap 3 hingga 4 bulan sekali.

Sikat gigi yang sudah mekar tidak akan berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel. Tidak ketinggalan juga adalah membersihkan sikat gigi dengan rutin. Desinfeksi sikat gigi tiap 1 hingga 2 minggu sekali.

  • Rutin Memeriksakan Gigi ke Dokter

Tips terakhir yang tak kalah penting adalah memeriksakan diri ke dokter. Masih banyak yang jarang melakukannya, namun banyak perawatan yang diberikan dokter membantu kesehatan gigi.

Contohnya saja scaling gigi yang berfungsi untuk menghilangkan plak serta karang gigi. Scaling perlu dilakukan setiap 6 bulan sekali, di mana kamu hanya perlu meluangkan waktu 30 menit untuk prosesnya.

Kamu bisa mencari faskes dan dokter gigi terdekat melalui SehatQ. Baik itu pada aplikasi atau mengunjungi website secara langsung kamu bisa tahu manakah dokter gigi terdekat yang bisa dikunjungi.

Cukup unduh aplikasinya kemudian masuk ke direktori dokter. Di sana kamu bisa menentukan layanan pemeriksaan sekaligus kota atau daerah sesuai tempat tinggal. Tentukan juga hari pemeriksaan supaya bisa menyesuaikan dengan jadwalmu.

Melalui aplikasi dan website SehatQ semua kebutuhan layanan kesehatan bisa didapatkan dengan mudah. Kini kamu tak perlu bingung lagi untuk melakukan perawatan gigi secara rutin.

Related posts