Menu diet sehatTips diet kali ini, akan membahas tentang cara diet sehat untuk Anda yang belum pernah sama sekali melakukan program diet atau lebih tepatnya baru pertama kali berencana melakukan diet.

menu diet sehat

lumrahnya, ini terjadi pada anak muda yang ingin menurunkan berat badan tetapi malah bingung harus memulai darimana.

Menu diet ini sangat aman dilakukan untuk pemula, karena tetap menjaga asupan karbohidrat, protein dan nutrisi lain. Hal ini, sangat berhubungan dengan pola makan sehat untuk diet. Mari kita lihat apa saja menu diet sehat ini.

  1. Menu diet sehat sarapan pagi

Jika terbiasa sarapan dengan nasi, maka ganti menu sarapan Anda dengan oatmeal atau roti. Oatmeal gampang ditemukan di supermarket atau minimarket, lalu tambahkan susu atau yoghurt.

Cukup sarapan oatmeal sekitar 2 hingga 3 sendok setiap pagi. Selain oatmeal, Anda bisa mengganti sarapan dengan roti gandum yang ditambahkan dengan selai buah atau kacang dan dilarang menambahkan mentega atau selai cokelat.

lumrahnya, sarapan dengan 2 roti gandum sudah membuat perut kenyang. Namun, bila masih kurang, boleh makan 3 roti gandum jangan lebih. jika lebih dari itu berarti percuma saja.

  1. Menu diet sehat makan siang

Pada saat waktu makan siang tiba, Anda sedikit diberikan kebebasan karena boleh makan nasi.

Dianjurkan untuk makan nasi merah, meskipun teksturnya hampir sama tapi nasi merah ini memberikan rasa kenyang yang lebih daripada makan nasi putih. jika tidak ada nasi merah, boleh diganti dengan nasi putih.

Selain itu, perhatikan porsi nasi Anda. Kurangi porsi nasi dari biasanya, disarankan dikurangi hingga setengahnya atau lebih bagus lagi bila dikurangi lebih dari setengahnya.

Diet juga tetap membutuhkan karbohidrat yang cukup untuk tubuh. Untuk lauknya, Anda bisa tambahkan telur atau dada ayam dan pastinya lengkap juga dengan sayuran seperti kangkung, bayam, sawi atau sayuran lainnya.

Selain itu, tambahkan tempe atau tahu agar tubuh Anda mendapatkan nutrisi dari kacang-kacangan. Dengan menu tersebut, sudah jelas makan siang akan terasa sangat kenyang.

Untuk alternatif yang lebih cepat, makan siang dengan menu nasi ditambah sup juga sudah cukup untuk menjaga rasa lapar hingga waktu makan malam tiba.

  1. Menu diet sehat makan malam

Pada menu sarapan pagi, Anda dilarang makan nasi dan menemukan nasi pada makan siang. Terakhir, menu makan malam ini Anda dilarang untuk makan nasi, roti atau oatmeal.

Silahkan Anda makan malam dengan buah-buahan, dengan catatan “buah-buahan saja” tidak ada susu, cokelat ataupun yoghurt. Anda boleh makan buah apapun, kecuali alpukat dan durian.

Mengapa? karena, kedua buah tersebut tinggi lemak yang akan menghambat diet Anda. Untuk makan malam ini, Anda dianjurkan untuk makan buah pisang, pepaya, semangka, melon atau apel.

Selain sehat, kelima buah tadi dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengandung air yang cukup banyak. Selain memberi rasa kenyang, tubuh akan terasa tetap segar dan membantu mengurangi dehidrasi pada tubuh.

Itulah menu makanan diet sehat untuk pemula mulai dari sarapan, makan siang dan makan malam. Akan lebih baik lagi, selama progam diet ini untuk mengurangi ngemil dan makan cemilan diluar jam makan.

jika datang rasa lapar sebelum jam makan tiba jangan makan cemilan atau jajanan lain, silahkan makan buah-buahan.

Semoga tips diet kali ini membantu para pemula untuk menjalankan program dietnya yang pertama, dan tentunya semoga berhasil menurunkan berat badan sesuai dengan yang diharapkan.