Wajib Tahu, 4 Jenis Lem dan Kegunaannya!

  • Whatsapp
lem pipa

Butuh lem untuk merekatkan pipa saluran air? Gunakan lem pipa! Lem pipa merupakan salah satu alat perekat yang digunakan untuk menyambungkan pipa, baik saluran air bersih, kotor, pembuangan, dan sebagainya. Dengan adanya alat perekat satu ini, maka membuat sambungan pipa pun menjadi lebih kuat dan tidak akan mudah lepas meski tidak menggunakan fitting (sambungan) pipa sekalipun.

4 Lem yang Biasa Digunakan Sehari-hari

Namun, tak hanya lem untuk pipa, ternyata masih banyak loh jenis lem yang juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja? Mari, disimak!

  1. Lem panas.

Lem panas atau dikenal pula dengan lem tembak merupakan jenis lem yang biasa dimanfaaatkan untuk merekatkan material berbahan plastik, seperti pistol mainan, misalnya. Ciri khas dari lem ini adalah batangan silindris yang identik dengan warna bening.

Cara penggunaan dari lem ini pun terbilang sangat mudah, tinggal menyalakan api di lilin kemudian panaskan lem. Jika terlihat meleleh, maka langsung rekatkan pada barang maupun mainan yang ingin direkatkan kembali.

  1. Lem stik.

Berbeda dengan lem panas, lem stik biasanya digunakan untuk merekatkan kertas, kerajinan tangan, dan kliping. Tak hanya itu, lem satu ini juga kerap dipakai untuk media perekat kardus, papan busa, papan poster, dan masih banyak yang lainnya.

Dari segi penggunaannya sendiri  lem satu ini sangat aman karena terbuat dari bahan yang tidak beracun. Di samping itu, lem juga hadir dalam berbagai model seperti roller, padat, hingga cair.

  1. Lem kuning.

Sesuai dengan namanya, lem satu ini memiliki warna kuning keemasan dan kerap dimanfaatkan untuk merekatkan karet, busa, vinyl, karpet, formika, dan bahan lainnya. Lem kuning terbuat dari bahan polychloroprene contact adhesive sehingga menghasilkan bau yang begitu menyengat.

Disarankan untuk tidak menghirup lem kuning ini karena ditakutkan nanti malah bisa mengakibatkan keracunan, apalagi terhirup oleh anak-anak.

  1. Lem putih.

Tidak jauh berbeda dengan lem sebelumnya, lem putih juga sering digunakan untuk merekatkan barang-barang di rumah maupun tempat lainnya. Hanya saja, untuk lem jenis ini lebih dikhususkan untuk material berbahan dasar kayu.

Namun, selain kayu, lem satu ini pun bisa pula dipakai untuk merekatkan kerajinan tangan, kertas, kardus, dan lainnya. Bahan pembuatan lem ini adalah air sehingga aman digunakan dan kadar racunnya sangat rendah.

Itulah beberapa jenis lem yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. So, kamu seringnya menggunakan lem yang mana, nih? Share jawabannya, yuk!

Related posts