Rasa nyeri dan kram saat menstruasi memang hal yang wajar bagi sebagian besar wanita. Namun begitu, rasa nyeri dan kram saat menstruasi ini seringkali diabaikan dan dianggap sepele. Padahal, tidak semua nyeri dan kram saat menstruasi itu wajar, lho. Ada satu penyebab nyeri dan kram saat menstruasi yang harus diwaspadai, yaitu endometriosis.

Apabila merasakan sakit luar biasa saat menstruasi, Anda patut waspada karena bisa jadi itu karena endometriosis. Ini adalah penyakit kronis karena adanya peradangan saat jaringan abnormal tumbuh di sekitar rahim. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit di bagian panggul. Setiap bulan, seharusnya sel-sel jaringan akan keluar mengeluarkan darah namun terjebak di dalam tubuh sehingga menyebakan rasa sakit yang parah.

Nah untuk mengetahui apakah darah menstruasi yang keluar merupakan darah menstruasi normal atau endometriosis, ini yang perlu Anda ketahui:

  1. Rasa Sakit yang Parah

Apabila rasa nyeri dan kram muncul sangat parah hingga mengganggu aktivitas sehari-hari bisa jadi tanda pertama endometriosis. Pada beberapa orang, rasa nyeri bahkan tidak tertahankan sehingga membuat tubuh lemas dan pingsan. Menurut Pelayanan Kesehatan Nasional Amerika, 3 dari 4 wanita dengan endometriosis dapat mendapatkan serangan nyeri yang parah saat menstruasi.

  1. Nyeri Selama Sebulan

Umumnya nyeri akibat endometriosis disebabkan oleh siklus hormonal tapi bukannya cuma terjadi saat menstruasi berlangsung. Pada beberapa wanita, endometriosis juga bisa membuat jaringan atau organ lain luka sehingga rasa sakit yang dirasakan bisa berlangung lama hingga sebulan.

  1. Sakit Setelah Berhubungan Intim

Setelah melakukan hubungan intim, ada kemungkinan muncul rasa sakit apabila jaringan endometriosis terletak di dekat alat kelamin wanita. Jika sudah begini, Anda wajib memeriksakannya ke dokter.

  1. Rasa Sakit Ketika Buang Air Kecil

Saat menahan buang air kecil, perut bagian bawah akan terasa sakit saat melakukan buang air kecil juga. Ada kemungkinan dapat terjadi pendarahan saat buang air kecil.

Apabila Anda pernah mengalami lima gejala nyeri & kram saat menstruasi, maka sudah seharusnya Anda membicarakannya dengan dokter secara langsung.

Para wanita jangan terganggu lagi dengan nyeri haid, https://ifreeindonesia.com/who-runs-the-world-girls/ karena saat ini telah hadir produk mutakhir pad pereda nyeri yang memberi rasa hangat yaitu ifree yang akan meredakan rasa nyeri haid dengan cepat agar wanita bisa segera aktif kembali meski haid datang.