Yuk, Lakukan Senam Aerobik di Rumah Agar Tubuh Lebih Bugar dan Sehat

  • Whatsapp
Senam Aerobik di Rumah

Selama masa pandemi sekarang ini mau tidak mau orang harus mencari kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dirumah. Apalagi jika tujuannya adalah menjaga badan tetap bugar, sehat dan fresh. Untungnya, ada satu cara yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan peralatan yang sederhana dan mudah dilakukan. Salah satu olahraga tersebut adalah senam aerobik yang memiliki banyak gerakan menarik dengan alunan musik yang mengiringinya mulai dari awal hingga akhir.

Ada banyak gerakan yang bisa Anda lakukan dan tentu saja gerakan-gerakan tersebut konsepnya menyenangkan. Artinya selama Anda melakukannya,  tanpa terasa tubuh menjadi lebih bugar dan berat badan pun stabil tanpa Anda merasa jenuh melakukannya.

Apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa melakukan olahraga ini?

Mengenakan pakaian yang nyaman

Untuk melakukan senam aerobik di rumah maka hal pertama yang dipersiapkan adalah memilih pakaian yang nyaman untuk dipakai. Tidak harus punya baju olahraga khusus atau yang mahal tapi Anda bisa menggunakan kaos atau celana yang memang biasa dipakai sehari-hari. Hanya saja pastikan Anda menggunakan bahan pakaian yang nyaman serta mudah menyerap keringat agar olahraga bisa dilakukan dengan nyaman. Jika Anda ingin membeli pakaian olahraga boleh-boleh saja dan jangan lupa mengenakan sepatu untuk menghindari dari resiko kecelakaan khususnya pada tumit kaki.

Melakukan pemanasan

Sebelum memulai olahraga maka hal ini sangatlah penting apalagi bila Anda ingin menurunkan berat badan agar hasilnya lebih maksimal. Selain itu manfaat lain dari pemanasan adalah mencegah Anda mengalami cedera otot. Jenis pemanasan yang bisa Anda lakukan seperti meregangkan otot atau sekedar berlari kecil.

Siapkan air putih

Selain pakaian yang nyaman kemudian melakukan beragam gerakan untuk pemanasan maka Anda harus menyiapkan juga air putih di dekat tempat Anda melakukan senam . Hal ini bertujuan untuk mencegah tubuh dari dehidrasi selama melakukan olahraga. Kita tahu bahwa gerakan senam aerobik ini cukup cepat apalagi jika Anda memilih gerakan yang cukup rumit pastinya akan mengeluarkan keringat yang banyak sehingga membutuhkan air putih sebagai penggantinya. Agar tak report atau enggan untuk pergi ke dapur maka siapkanlah terlebih dahulu gelas atau botol air minum dekat dengan dimana Anda melakukan latihan.

Memilih gerakan sesuai dengan kemampuan

Di era sekarang ini tidaklah sulit untuk mendapatkan informasi sesuai dengan apa yang diperlukan. Termasuk bagi Anda yang ingin melakukan senam aerobik tapi tidak tahu gerakan apa yang sebaiknya dilakukan. Di salah satu situs media seperti YouTube cukup banyak itu Youtuber yang mengatur beragam video yang bisa Anda pilih sesuai dengan kemampuan. Ada video yang memang khusus untuk pemula walau tidak sedikit juga yang khusus untuk pro. Untuk itu, pilihlah yang benar-benar tidak sulit untuk dilakukan dan pastinya menyenangkan.

Itulah cara agar membuat tubuh tetap segar, sehat dan bebas dari beragam penyakit dengan cara melakukan senam aerobik di rumah. Salah satu keuntungannya adalah Anda tak perlu pergi ke tempat olahraga atau mengundang instruktur namun cukup bermodalkan video. Selain itu, Anda hanya butuh beberapa peralatan sederhana yang bisa ditemukan di rumah. Bagaimana, cukup mudah bukan? Apalagi, manfaatnya begitu banyak seperti menjaga berat badan agar tetap stabil dan tubuh tetap sehat dan bugar. Oh ya, jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, tidur yang cukup dan selalu bahagia.

Related posts